Aceh Gayo 10 hari post roast

Aceh Gayo 10 hari post roast

Selamat sore para Penikmat Kopi, akhirnya setelah vacuum selama beberapa hari saya dapat melanjutkan coffee journey ini. Hari ini dalam Coffee Journey yang ke 64 saya akan menggunakan kopi yang sama yang saya gunakan pada coffee journey 63 (artikel dapat dibaca disini) yaitu kopi arabika Aceh Gayo yang diroast sekitar 10 hari yang lalu. Kopi ini di roast ditingkat kematangan full city untuk mendapatkan body yang lebih dengan acidity yang lebih menurun. Sore ini kopi masih saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk melatih membuat latte art.

Seperti biasanya saya timbang sekitar 18 gram biji kopi ini, lalu saya masukkan kedalam hopper dari grinder yang tingkat kehalusannya telah di set sebelumnya. Sewaktu kopi digiling tercium aroma spicy fruity caramel dengan sensasi aroma spices dan aromanya yang pasti lebih intens dan dalam dari sebelumnya. Selanjutnya dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso yang berwarna coklat tua mulai menetes dan setelah diperoleh sekitar 30ml dalam kurang dari 30 detik, tuas dari mesin espresso saya matikan. Selanjutnya susu mulai saya stretch, panaskan dan dilanjutkan dengan menuangkan susu yang sudah ready kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya. Disinilah proses pembuatan latte art terjadi.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma fruity karamel dengan sedikit spices tercium lebih manis dan dalam. Setelah kopi saya minum, terasa sekali body dari kopi ini yang tebal/ kental dengan low atau hampir tidak ada acidity dilanjutkan dengan choco fruity karamel yang terasa nikmat dan clean. Satu hal yang pasti kopi ini terasa lebih nikmat dan aromanya lebih intens dan manis daripada sewaktu dicoba sekitar 2 hari post roast. Overall kopi aceh yang benar- benar nikmat menurut saya dan cukup nikmat untuk dinikmati sebagai single origin.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Aceh Gayo ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bean bubuk maupun biji dapat dibeli disini