Kopi Arabika Aceh Gayo 131014 Coffee Journey 63

Kopi Arabika Aceh Gayo 131014 Coffee Journey 63

Selamat siang para Penikmat kopi nusantara. Siang ini untuk menemani saya dalam Coffee Journey yang ke 63 adalah kopi yang cukup terkenal dikalangan pecinta kopi dunia yaitu Kopi Arabika Aceh Gayo yang diroast sekitar 2 hari yang lalu ditingkat kematangan full city. Pada umumnya saya menyukai kopi saya di roast ditingkat kematangan city+ cuma khusus untuk Aceh Gayo saya merasa kopi ini paling nikmat untuk dinikmati ditingkat kematangan yang lebih gelap sehingga terasa lebih kental dan aciditynya menurun. Kopi siang ini masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk melatih latte art skill saya.

Langsung aja ke proses pembuatannya, Pertama saya timbang sekitar 18 gram biji kopi ini, akhir- akhir ini saya merasa dengan 18 gram biji kopi saya dapat mendapatkan espresso yang lebih nikmat dan full dari 14 gram seperti biasanya. Setelah biji kopi ditimbang, lalu saya masukkan kedalam hopper dari mesin giling/ grinder yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma choco karamel dengan aroma fruity. Setelah itu dilanjutkan dengan proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso yang berwarna coklat tua keemasan yang kental mulai menetes seperti madu lalu mengalir kedalam cangkir yang telah disiapkan dibawahnya. Setelah diperoleh sekitar 30ml dalam 30 detik, tuas saya matikan. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan. Sesudah itu susu mulai saya campurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya siang ini sudah ready.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma chocolate karamel dengan aroma fruity masih tercium dan aroma tercium lebih manis dikarenakan telah tercampur dengan susu. Setelah kopi saya minum, hal pertama yang dapat saya rasakan adalah body dari kopi ini yang cukup heavy/ tebal, very low acidity, dengan sensasi rasa choco fruity karamel yang terasa cukup nikmat dan clean. Selalu nikmat untuk menikmati kopi arabika yang berasal dari Aceh Gayo ini, 2 hari post roast kopi sudah terasa cukup nikmat, tapi rekomendasi saya untuk menunggu sekitar 7-9 hari setelah roast untuk dapat merasakan semua karakter dari kopi ini.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Aceh Gayo ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bean bubuk maupun biji dapat dibeli disini