signature espresso blend 26 Sep 14

signature espresso blend 26 Sep 14

Selamat siang Para penikmat Kopi Nusantara. Siang ini dalam coffee journey yang ke 62 saya akan menggunakan kopi blend yang kami beri nama Signature Espresso Blend yang dengan komposisi 90% dari dua jenis arabika dan 10% robusta WIB. Kopi blend ini di roast sekitar 7 hari yang lalu ditingkat kematangan full city. Alasan kami untuk membuat blend ini adalah untuk membuat suatu blend yang terasa cukup balanced dengan body yang pas ditambah dengan krema yang tebal dan enak sewaktu dinikmati sebagai espresso dan cukup mampu untuk meng-cut rasa susu sewaktu dibuat sebagai cappuccino/ latte ataupun milkbased drinks lainnya. Kopi masih tetap saya sajikan sebagaiĀ  cappucino siang ini.

Langsung aja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram biji kopi ini dan dimasukkan kedalam hopper dari mesin giling/ grinder yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium sekali aroma spices dengan aroma fruity karamel yang tercium manis sekali. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso mulai menetes cukup kental dengan intensitas seperti madu dan warna yang cukup gelap. Setelah diperoleh sekitar 30ml dalam 30 detik tuas mesin espresso saya matikan dan espresso saya siang ini sudah ready. Sejenak saya cium aroma dari espresso ini dan tercium cukup manis dengan tambahan spices dan buah tropis. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan. Setelah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya siang ini sudah ready.

Dari segi aroma dan citarasa, masih tercium aroma spices dan fruity caramel, setelah kopi saya minum, terasa body yang kental dengan acidity yang hampir tidak ada (tercampur dengan susu) dan diakhiri dengan rasa sensasi spicy fruity karamel dan sedikit rasa chocolate. Kopi terasa cukup kompleks tapi tidak boring. Warna kopi dan kremanya terlihat cukup kental dan agak gelap sehingga membuat kopi ini terlihat enak sekali sewaktu disajikan diatas meja. Menurut saya kopi masih belum totally developed mungkin disekitar 10-12 hari post roast akan terasa lebih nikmat.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi kami, dapat dibeli dalam bentuk greenbean disini ataupun freshly roasted (biji/ bubuk) disini