Kopi Arabika Toraja Sapan 230914

Kopi Arabika Toraja Sapan 230914

Selamat siang para penikmat kopi Nusantara. Siang ini dalam coffee journey yang ke 61 saya akan menyajikan kopi arabika yang namanya terkenal sekali di luar negeri maupun di pasar domestik, yaitu kopi arabika toraja sapan yang merupakan hasil panen tahun 2014 ini dan diproses semi basah. Kopi ini saya roast ditingkat kematangan city + sekitar 3 hari yang lalu. Kopi toraja pada umumnya cocok untuk di roast ditingkat kematangan sampai dengan full city+ untuk mengurangi aciditynya dan menampilkan citarasa dan aroma yang lebih caramely dan berry like attributes. Kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk melatih latte art skill saya.

Seperti biasanya, saya timbang sekitar 14 gram biji kopi ini, lalu saya masukkan kedalam hopper dari grinder yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma buah seperti buah nanas yang sudah kuning sekali bercampur dengan aroma karamel yang manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Tak lama sejak tuas dari mesin espresso ditarik, kopi yang berwarna coklat tua keemasan mulai menetes seperti madu dan pelan- pelan mulai mengisi cangkir yang telah diletakkan pas dibawahnya. Setelah diperoleh sekitar 30ml dalam sekitar 30 detik, tuas dari mesin espresso saya turunkan dan espresso saya sudah ready siang ini. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, sesudah itu susu saya tuang kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya.

Langsung aja ke hasil pengamatan saya. Aroma buah masih tercium tajam ditambahkan dengan aroma karamel yang tercium semakin manis. Setelah kopi diminum, terasa low-med acidity (karena telah dicampur dengan susu), thick syrupy body, dengan sensasi rasa fruity chocolate bercampur dengan karamel yang manis, serasa satu cangkir tak cukup untuk menikmatinya. Kopi yang benar benar luar biasa menurut saya, tak salah banyak dari blend kopi terkenal menggunakan kopi toraja sebagai salah satu dari element blend mereka. Kopi yang pas untuk dinikmati sebagai single origin maupun bagian dari blend di milkbased drinks maupun black coffee.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Toraja Sapan dapat di beli disini: