Amstirdam Houseblend 'A' disajikan sebagai cappucino 5 hari post roast

Amstirdam Houseblend ‘A’ disajikan sebagai cappucino 5 hari post roast

Sore yang cukup panas di kota Malang yang tercinta ini. Untuk menemani coffee break saya sore ini, saya memilih menggunakan Amstirdam’s House Blend ‘A’ yang di roast pada tanggal 7 Feb, jadi kopi ini masih fresh sekitar 5 hari-an. Sedikit mengenai Amstirdam’s house blend ‘A’, blend ini sebenarnya masih dalam tahap pengembangan, campuran beberapa kopi nusantara ditambah dengan sedikit robusta Malang untuk menambah kekentalan dan rasa yang lebih bold. Kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappucino karena proses pembuatannya yang ngga ribet.

Langsung aja ke proses pembuatannya, pertama saya timbang sekitar 14 gram kopi Amstirdam’s house blend ‘A’ dan dimasukkan kedalam grinder dilanjutkan dengan proses dose-tamp- and brew. Sewaktu tuas dari mesin espresso diangkat, kopi mulai muncul cukup kental  seperti madu dengan warna kecoklatan, dan setelah memperoleh sekitar 30ml dalam 30 detik tuas saya turunkan dan espresso saya sudah siap. Sebelum melanjutkan dengan proses men-stretch dan memanasi susunya, saya hirup sebentar aroma dari espresso dan dapat tercium aroma karamel dan coklat yang cukup dominan. Setelah susu siap, saya campurkan dengan espresso yan telah saya buat sebelumnya dan cappucino saya sudah ready untuk dinikmati.

Aroma dari cappucino ini mengingatkan saya dengan aroma coklat cadbury ditambah dengan sedikit caramel, setelah saya minum, body terasa cukup full dilanjutkan dengan aftertaste dari coklat.  Menurut saya blend ini masih bisa di improve dengan  men-tweak persentasi dari beberapa kopi  nusantara yang kita gunakan, anyway that’s a story for another time.

Selamat melanjutkan aktivitas dan salam Amstirdam :)

Beberapa dari kopi nusantara yang kami supply dapat dibeli melalui link ini, dan kita supply green bean, roasted beans dan bubuk