Kopi Arabika Mandheling 040914

Kopi Arabika Mandheling 040914

Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 59 saya akan menggunakan kopi asal Indonesia yang terkenal diluar negeri, yaitu kopi Mandheling yang diroast sekitar 5 hari yang lalu. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2013 kemarin, diproses basah dan di roast di tingkat kematangan city plus. Biji kopi masih terlihat berwarna coklat kemerahan dan ukuran biji kopi terlihat kurang seragam dan hal ini cukup sering ditemui untuk kopi yang berasal dari Sumatra. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Langsung aja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram biji kopi, dan saya masukkan kedalam hopper dari grinder/ mesin penggiling yang tingkat kehalusan nya telah di set sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma buah belimbing dengan aroma yang manis sekali dari karamel. Setelah itu dilanjutkan dengan proses dose- tamp and brew. Tak lama setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, kopi yang berwarna coklat tua keemasan mulai menetes dan dapat tercium aroma karamel dan belimbing  yang memenuhi ruangan saya. Setelah diperoleh sekitar 30ml dalam 30 detik, tuas saya matikan dan espresso saya sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, kemudian susu yang sudah panas dituangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya. Dan cappuccino saya sore ini sudah ready.

Dari segi aroma dan citarasanya, aroma karamel tercium masih dominan dengan aroma buah belimbing yang mulai berkurang dan sedikit spicy. Setelah saya minum, terasa body yang medium, mulut terasa sedikit kering tak lama setelah minum kopi ini, acidity juga terasa sudah berkurang dikarenakan kopi telah dicampur dengan susu. Overall kopi ini nikmat untuk dinikmati sebagai cappuccino ataupun milkbased drinks jenis lain dan menurut saya juga nikmat untuk dinikmati black sebagai espresso ataupun jenis lain. It would be interesting untuk mencoba kopi ini sekitar 10 hari post roast.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Kopi Arabika Sumatra Mandheling dapat di beli disini: