Kopi Arabika Jawa Timur 10 hari post roast

Kopi Arabika Jawa Timur 10 hari post roast

Selamat sore para Penikmat Kopi Nusantara. Sore ini dalam postingan saya yang pertama setelah kembali dari liburan lebaran, saya akan menggunakan kopi yang tidak pernah mengecewakan saya setiap kali mencobanya dengan berbagai macam tehnik seduh, yaitu kopi Arabika Jawa Timur atau lebih tepatnya Taman Dadar dari perkebunan kopi kayumas yang sudah cukup terkenal yang diroast sekitar 10 hari yang lalu. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2013 dan diproses basah. Sore ini kopi masih tetap disajikan sebagai cappucino sekalian untuk melatih latte art saya.

Langsung aja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram biji kopi, lalu saya masukkan kedalam grinder yang tingkat kehalusan nya telah di set sebelumnya. Sewaktu biji kopi sedang digiling tercium aroma karamel dan citrus yang cukup tajam. Setelah itu dilanjutkan dengan proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso di tarik, kopi mulai menetes yang berwarna coklat tua keemasan dengan intensitas seperti madu. Setelah diperoleh sekitar 30ml tuas saya matikan dan susu mulai saya stretch dan panaskan. Selanjutnya susu yang sudah ready saya campurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya sore ini sudah siap untuk dinikmati.

Dari hasil pengamatan saya, aroma karamel tercium sangat dominan dilanjutkan dengan aroma citrus. Setelah kopi saya minum, terasa acidity medium dengan body atau tingkat kekentalan yang medium dan diakhiri dengan sensasi rasa milk chocolate yang bertahan cukup lama. Overall kopi yang merupakan crowd pleaser, cocok untuk disajikan dengan tehnik apapun dan cocok juga untuk dijadikan base dalam suatu blend yang lebih kompleks.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik mencoba Kopi Arabika Jawa Timur dapat dibeli disini (Tersedia dalam bentuk green bean, roasted biji dan bubuk)