Kopi Tubruk menggunakan Kopi Robusta Dampit 06 Jun 14

Kopi Tubruk menggunakan Kopi Robusta Dampit 06 Jun 14

Selamat sore para penikmat kopi. Setelah vacuum selama beberapa hari karena banyaknya orderan yang masuk, hari ini saya akan melanjutkan coffee journey saya yang ke 52 dengan menggunakan kopi robusta yang cukup terkenal di dunia yaitu, Kopi Robusta Malang atau lebih dikenal dengan Kopi Robusta Dampit. Sebenarnya kopi ini berasal dari pertanian kopi di kecamatan Tirtoyudo sekitar 1 jam perjalanan dari Dampit. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2013 kemarin, disangrai ditingkat kematangan full city  dan seperti pada umumnya untuk robusta, kopi ini di proses kering (dry process). Hari ini kopi akan saya sajikan agak berbeda dari biasanya, yaitu dengan tehnik tubruk.

Langsung aja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 12 gram kopi, lalu saya giling dengan tingkat kehalusan yang kasar. Sewaktu kopi digiling tercium aroma karamel yang manis dengan sedikit aroma earthy yang bertahan cukup lama. Selanjutnya, kopi yang sudah digiling saya masukkan kedalam gelas yang sudah dihangatkan sebelumnya, dan saya tuangkan air panas sesedikit mungkin untuk pre-infuse kopinya dan didiamkan selama 30-45 detik (hampir sama dengan pour over/ V60). Setelah itu saya tuangkan air panas secara melingkar searah jarum jam sampai total volume air menjadi sekitar 140-150ml dan gelas tersebut saya tutup selama sekitar 1-2 menit. Sesudah itu tutup saya buka, kopi saya aduk dan kopi tubruk saya untuk sore ini sudah ready. (Detail pembuatan kopi tubruk yang lebih jelas dapat dilihat disini).

Sekarang ke hasil pengamatan saya. Aroma manis karamel sekarang tercium lebih dominan ditambah dengan krema yang terlihat cukup tebal. Setelah kopi diminum, hal pertama yang terasa adalah body atau tingkat kekentalan yang tebal ditambah dengan acidity yang rendah dengan rasa karamel dan sedikit aroma earthy yang terasa dan tercium cukup lama. Overall menurut saya kopi ini pas sekali untuk dinikmati saat bersantai melepas penat dan cocok sekali untuk dicoba oleh para penikmat kopi hitam.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan Salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik mencoba Kopi Robusta Dampit, dapat dibeli disini (Tersedia dalam bentuk green bean, roasted biji dan bubuk)