Kopi Arabika Bali Kintamani 3 Hari Post Roast

Kopi Arabika Bali Kintamani 3 Hari Post Roast

Selamat sore para Penikmat Kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 45, saya akan menyajikan kopi yang berasal dari Bali yaitu Kopi Arabika Bali Kintamani yang di roast ditingkat kematangan full city sekitar 3 hari yang lalu. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2013 kemarin dan diproses basah. Tetap seperti biasanya, kopi masih disajikan sebagai cappuccino sekalian untuk melatih latte art skill saya.

Langsung aja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 14 gram biji kopi lalu dimasukkan kedalam grinder atau mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah di set sebelumnya. Sewaktu biji kopi sedang digiling, dapat tercium aroma fruity disertai dengan manisnya aroma karamel. Setelah biji kopi digiling dilanjutkan dengan proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso ditarik, kopi yang berwarna coklat tua keemasan mulai menetes kental seperti madu. Setelah diperoleh sekitar 30ml espresso dalam kurang lebih 30 detik, tuas mesin espresso saya matikan dan susu mulai saya stretch dan panaskan. Setelah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya.

Nah langsung ke hasil pengamatan saya. Dari segi aroma, aroma karamel tercium lebih intens namun aroma fruity sudah hampir hilang karena dicampurkan dengan susu. Setelah kopi diminum terasa body atau tingkat kekentalan yang medium (tidak sekental Aceh Gayo), low acidity dan diakhiri dengan sensasi milk chocolate. Akan sangat menarik untuk dapat mereview kopi ini paling ngga sekitar 7 hari setelah di roast. Overall teman- teman di roastery semua suka dengan kopi ini dan terasa sangat pas untuk diminum sebagai milk based drinks.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam

Kami juga men-jual Kopi Arabika Bali Kintamani tersedia dalam bentuk green, roasted sesuai tingkat kematangan yang anda inginkan dan juga bubuk. (klik disini untuk informasi lebih lanjut)