Kopi Arabika Solok 14 Apr 14 11 hari post roast

Kopi Arabika Solok 14 Apr 14 11 hari post roast

Selamat sore para Penikmat Kopi. Sore ini dalam coffee journey yang ke 43 ini saya akan menggunakan Kopi Arabika Solok sekitar 11 hari post roast yang berasal Sumatra Barat (Minangkabau). Kopi ini di roast di tingkat kematangan city+ dan merupakan hasil panen tahun 2013 kemarin di proses basah. Sore ini kopi masih tetap disajikan sebagai cappuccino sekalian  latihan membuat latte art untuk saya.

Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram biji kopi lalu saya masukkan kedalam grinder yang tingkat kehalusannya sudah di set sebelum experiment ini. Sewaktu kopi digiling tercium sekali aroma lemongrass/ serai dengan sedikit aroma karamel yang manis. Setelah kopi digilin, dilanjutkan dengan proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso ditarik, kopi yang berwarna coklat keemasan mulai menetes seperti layaknya madu kedalam cangkir yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah terkumpul sekitar 30 ml dalam kurang lebih 30 detik, tuas mesin espresso saya matikan dan susu saya stretch dan panaskan. Setelah itu susu saya campurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan disinilah proses pembuatan latte art terjadi.

Dari hasil pengamatan saya, aroma serai tercium lebih intens sekarang dan ditambah dengan aroma manis dari karamel. Setelah kopi diminum, terasa sekali body atau tingkat kekentalan yang tipis dilanjutkan dengan sensasi milk chocolate yang terasa cukup lama. Kopi ini adalah salah satu favorit saya untuk sekarang dan terasa cukup nikmat untuk dinikmati sebagai picollo latte terutama untuk yang menyukai milkbased drinks tapi ngga mau rasa kopinya overtaken sama susunya.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam

Kami menjual kopi Arabika dari seluruh daerah di Indonesia, tersedia dalam bentuk green, roasted dan bubuk, klik disini untuk info lebih lanjut