Kopi Arabika Solok Minangkabau 11 Apr 14

Kopi Arabika Solok Minangkabau 11 Apr 14

Selamat sore para Penikmat Kopi. Sore ini menemani saya untuk menikmati akhir pekan yang diguyur hujan di kota Malang, saya akan menggunakan Kopi Arabika yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Kopi ini dikenal dengan nama Kopi Arabika Solok dan di roast sekitar 8 hari yang  lalu di level city+. Kopi Arabika Solok ini merupakan hasil panen tahun 2013 dan diproses basah. Coffee Journey hari ini masih menyajikan kopi dalam bentuk cappucino sekalian untuk melatih latte art skill saya.

Langsung aja ke proses pembuatan-nya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram biji kopi, lalu kopi digiling di tingkat kehalusan yang telah di preset sebelumnya. Sewaktu kopi digiling  tercium aroma lemon ditambah dengan spices seperti lemongrass (serai) dan sedikit karamel. Setelah itu dilanjutkan dengan dose- tamp dan brew. Tak lama setelah tuas dari mesin espresso ditarik, kopi/ espresso mulai menetes dengan intensitas seperti madu dan setelah diperoleh sekitar 25-30 ml dalam 30 detik tuas saya matikan. Sesudah itu susu saya stretch dan panaskan, kemudian dilanjutkan dengan menuangkan susu kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya dan disinilah proses pembuatan latte art terjadi.

Menurut hasil pengamatan saya, aroma serei/ lemongrass, lemon dengan sedikit caramel tercium semakin intens. Setelah kopi diminum terasa sekali body atau kekentalan yang cukup tipis/ encer tidak seperti kopi- kopi dari Sumatra lain-nya. Tak berapa lama setelah kopi ditelan juga terasa sensasi chocolate pada akhirnya. Karena body yang tipis menurut saya mungkin lebih nikmat untuk dinikmati sebagai non- milk based drinks (kalau mau dinikmati sebagai single origin). Dari citarasa, kopi ini adalah outstanding  ditambah dengan aroma lemongrass/ serei, karamel dan lemon. Benar- benar kopi yang nikmat untuk menemani saya akhir pekan ini.

Anyway selamat menikmati akhir pekan anda dan salam Amstirdam

Kami menjual kopi Arabika dari seluruh daerah di Indonesia, tersedia dalam bentuk green, roasted dan bubuk, klik disini untuk info lebih lanjut