Kopi Arabika Lintong Dolok Sanggul 10 Apr 14

Kopi Arabika Lintong Dolok Sanggul 10 Apr 14

Selamat sore Para Penikmat Kopi. Sore ini dalam coffee journey yang ke 41 saya akan menggunakan Kopi Arabika Lintong Dolok Sanggul (Onan Ganjang varietal) yang di roast sekitar 7 hari yang lalu. Kopi yang sama pernah saya review sekitar 2 postingan saya sebelumnya (baca disini). Sore ini kopi masih tetap disajikan sebagai cappuccino sekalian melatih latte art skill saya.

Langsung aja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram kopi dan saya masukkan kedalam hopper grinder. Sewaktu kopi digiling, aroma yang keluar terasa lebih defined dari review saya sebelumnya yaitu spices dan karamel yang manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Tak lama setelah tuas dari mesin espresso ditarik, espresso mulai menetes dengan warna coklat keemasan dengan intensitas seperti madu. Dan setelah diperoleh sekitar 30ml espresso dalam 30 detik, tuas saya matikan dan susu mulai saya stretch dan panaskan. Setelah susu ready, susu saya campurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan disinilah proses pembuatan latte art terjadi.

Nah dari hasil pengamatan saya, aroma spices dan karamel kali ini lebih intens dan lebih defined/ jelas dari sebelumnya dan ada yang bilang kalau aromanya lebih ke sarsaparilla. Setelah kopi diminum terasa body yang tebal dan syrupy, kopi terasa manis, lebih ke rustic sweetness dengan sensasi rasa spices terbawa sampai akhir. Kopi yang nikmat sekali untuk dinikmati sebagai single origin dan menariknya walaupun kopi ini dari Lintong, karakter herbal dari Lintong yang biasanya cukup dominan tidak terasa di kopi ini. Kopi ini definitely adalah favorite saya untuk sekarang :)

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Kami menjual kopi Arabika Lintong Dolok Sanggul, tersedia dalam bentuk green, roasted dan bubuk, klik disini untuk info lebih lanjut