PNG Kone Ka Estate 7 Apr 14

PNG Kone Ka Estate 7 Apr 14

Selamat sore para Penikmat Kopi. Sore ini dalam coffee journey yang ke 39 saya akan menyajikan kopi Arabika dari negara tetangga kita sebelah timur yaitu Papua New Guinea (PNG) Kone Ka Estate Peaberry (kopi lanang) yang diroast sekitar 20 hari yang lalu di level city+. Kopi ini semestinya sudah fully developed dan umumnya kopi ini terkenal dengan aroma jeruknya. Kopi ini masih tetap disajikan sebagai cappucino sekalian untuk mengasah kemampuan latte art saya.

Proses pembuatannya. Seperti biasanya saya timbang sekitar 14 gram kopi dan saya masukkan kedalam hopper grinder saya. Sewaktu kopi digiling tercium aroma jeruk/citrus dengan aroma karamel yang cukup manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso ditarik, kopi mulai menetes dari portafilternya dan hari ini terlihat agak gelap dari kopi biasanya dan dengan intensitas seperti madu. Setelah terkumpul sekitar 30ml dalam 30 detik tuas mesin espresso saya matikan dan espresso saya sudah siap. Selanjutnya saya stretch dan panaskan susu dan setelah selesai, susu saya campurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya sambil berusaha membuat latte art-nya.

Nah sudah ngga sabar nih untuk mencobanya. Aroma jeruk/ citrus dengan karamel yang manis tercium lebih intens sekarang, dan sewaktu kopi diminum terasa sekali medium acidity serasa seperti jeruk ditambah karamel, medium body dengan sensasi seperti habis makan chocolate dengan rasa/ flavor jeruk diakhir. Overall menurut saya citarasa dan aroma kopi ini luar biasa  dan cukup nikmat untuk dinikmati sebagai single origin.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Kami menjual kopi Arabika dari seluruh daerah di Indonesia, tersedia dalam bentuk green, roasted dan bubuk, klik disini untuk info lebih lanjut