Kopi Blend Arabika

Kopi Blend Arabika

Salam Amstirdam para penikmat kopi. Untuk menemani saya di sore yang cukup panas dikota malang, dalam coffee journey hari ini berhubung kopinya sudah pada tinggal sedikit, saya buat blend antara kopi arabika PNG Kone Ka Estate, kopi arabika Kalosi dan kopi arabika Bajawa Flores. Masing- masing di roast ditingkat kematangan city+. Persentase masing- masing tidak saya hitung jadi rasanya juga bakalan menarik. Masing- masing kopi diroast sekitar 8 hari yang lalu, dan semuanya seharusnya sudah developed dalam citarasa maupun aromanya. Hari ini kopi masih tetap disajikan sebagai cappuccino sekalian latihan latte art juga.

Seperti biasanya saya timbang sekitar 14 gram kopi, dimasukkan kedalam hopper dari mesin giling, dan grinder saya start. Tercium aroma karamel, sedikit chocolate dan hint of lemon/ citrus. Setelah itu dilanjutkan dengan grind- tamp – dan dose. Tak lama setelah tuas dari mesin espresso ditarik, menetes lah kopi yang berwarna coklat tua keemasan dengan intensitas seperti layaknya madu. Setelah terkumpul sekitar 30ml dalam kurang lebih 30 detik, tuas saya turunkan dan espresso saya sudah ready. Selanjutnya saya stretch dan panaskan susu, dan sesudah itu susu dicampurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya dan mulailah saya ber-latte art (hehehe susunya over stretch sepertinya hari ini jadi agak kental)

Langsung aja ke hasil pengamatan saya sore ini. Aroma karamel dengan sedikit karakter kalosi, ditambah dengan aroma citrus dan chocolate tercium lebih intens. Setelah diminum, terasa body yang cukup tebal (menurut saya dari Bajawa Floresnya) ditambah dengan acidity medium dan buttery mouthfeel ditambah dengan sedikit sensasi chocolate. Sungguh nikmat sekali kopi ini dan mungkin bisa jadi Blend kita untuk dikemudian hari.

Dalam Coffee Journey  nomer 35 yang akan datang saya rencananya akan mereview kopi Aceh Gayo yang barusan di roast siang tadi dengan profile baru, dan citarasa dan aromanya dijamin bakal luar biasa ;)

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam

Kami menjual kopi Arabika Nusantara tersedia dalam bentuk green, roasted dan bubuk, klik disini apabila tertarik