PNG Kone Ka 24 Mar 14

PNG Kone Ka 24 Mar 14

Selamat sore para Penikmat Kopi dan Salam Amstirdam, sore ini menemani coffeebreak saya dalam coffee journey yang ke 33 ini adalah kopi arabika PNG Kone Ka Estate Peaberry (kopi lanang) sekitar 5 hari post roast dengan tingkat kematangan di level city +. Pada umumnya kopi yang sudah di roast dibiarkan resting atau didiamkan selama kurang lebih 7 hari baru mulai dikeluarkan untuk dikonsumsi  untuk memastikan kopinya fully developed. Hari ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino untuk sekalian mengasah kemampuan latte art saya.

Seperti biasanya saya timbang 14 gram kopi, lalu digiling. Sewaktu proses penggilingan tercium aroma lemon/ citrus dan manis caramel yang cukup dominan. Sesudah itu dilanjutkan dengan proses dose- tamp dan brew. Tak berapa lama setelah tuas dari mesin espresso ditarik mulai keluarlah espresso yang kali ini warnanya agak gelap dan menetes seperti layaknya madu. Setelah diperoleh sekitar 30ml dalam 30 detik, tuas saya turunkan dan espresso saya sudah siap sore ini. Hari ini tampak bahwa krema dari espresso lebih tebal dari biasanya ditambah dengan warna yang agak kegelapan. Selanjutnya susu saya stretch dan panaskan, dan dilanjutkan dengan proses menuangkan susu kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya dan disinilah proses pembuatan latte art terjadi.

Nah sekarang langsung ke hasil dari pengamatan saya. Aroma lemon/ citrus cukup intens kali ini ditambah dengan aroma karamel yang manis. Sewaktu kopi diminum terasa sensasi daun jeruk, dengan body yang tipis, dengan buttery mouthfeel. Menurut saya masih under developed tapi pas sekali untuk dinikmati dihari Senin yang cukup mendung di kota Malang ini.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam amstirdam ;)

Kami menjual kopi Arabika Nusantara tersedia dalam bentuk green, roasted dan bubuk, klik disini apabila tertarik