Arabika PNG Kone Ka  21 Mar 14 2hari post roast

Arabika PNG Kone Ka 21 Mar 14 2hari post roast

Selamat sore para penikmat kopi. Dalam coffee journey hari ini saya akan menggunakan kopi dari negara tetangga kita yaitu Papua Nugini, Kone Ka Estate. ‘Kone Ka’ berarti nice place dalam bahasa lokal. Kopi ini merupakan biji kopi lanang, di roast di level city+ sekitar 2 hari yang lalu dan merupakan hasil panen tahun 2011. Seperti biasanya kopi akan disajikan menggunakan mesin espresso dan disajikan sebagai cappuccino sekalian melatih kemampuan latte art saya.

Seperti biasanya, saya siapkan sekitar 14 gram biji kopi ini dan dimulai lah proses penggilingannya. Sewaktu proses ini berlangsung tercium aroma lemon/ citrus,  daun jeruk. Setelah itu proses dose- tamp dan brew dimulai. Tak berapa lama setelah tuas dari mesin espresso diangkat, kopi mulai turun dan terlihat cukup kental dengan warna coklat keemasan. Setelah terkumpul sekitar 30 ml dalam kurang lebih 30 detik, tuas saya turunkan dan susu siap untuk di stretch dan dipanaskan dan sesudah itu susu bisa dicampurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso didalamnya. (hari ini latte artnya lumayan ;) )

Nah langsung ke penilaiannya. Masih tercium aroma lemon/ citrus yang kali ini lebih intens, setelah kopi diminum terasa body atau kekentalan yang tipis,  sedikit terasa daun jeruk, buttery mouthfeel dan cukup clean. Rongga mulut terasa cukup kering tak berapa lama sesudahnya. Kopi yang nikmat dan pas untuk menemani saya di sore ini.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Kami menjual kopi Arabika Nusantara tersedia dalam bentuk green, roasted dan bubuk, klik disini apabila tertarik