Flores Manggarai 14 Mar 14

Flores Manggarai 14 Mar 14

Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Dalam coffee journey sore ini, saya akan menggunakan Kopi Arabika Flores Manggarai (kopi berbeda dari review- review saya selama ini untuk kopi Flores) yang di roast sekitar 7 hari yang lalu di level city plus. Sedikit mengenai kopi ini, kopi ini merupakan hasil panen tahun 2013 kemarin di proses giling basah dan merupakan grade 1. Sore ini kopi masih saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk mengasah kemampuan latte art saya ;)

Nah langsung ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram biji kopi, lalu saya masukkan kedalam grinder yang sebelumnya sudah diset tingkat kehalusannya. Aroma yang dapat tercium selama proses penggilingan adalah fruity caramel (ada yang bilang seperti wangi dodol ;) ). Selanjutnya setelah semua biji kopi digiling, dilanjutkan dengan proses dose-tamp dan brew. Tak lama setelah tuas dari mesin espresso ditarik kopi terlihat mulai turun dari naked portafilternya dan terlihat kental dan elastis seperti madu. Setelah terkumpul sekitar 30 ml dalam kurang lebih 30 detik, tuas saya turunkan dan susu saya stretch dan panaskan. Sesudah itu susu siap untuk dicampurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya dan disinilah proses latte art terjadi. (hari ini lumayan jadinya ;) ).

Nah langsung aja ke penilaiannya. Aroma karamel fruity masih dominan sekali (ada yang bilang seperti aroma dodol).  Sewaktu kopi diminum, terasa sweet dengan body yang tebal, low acidity dengan finish seperti coklat yang ada kismisnya. Kopi yang enak cuma  menurut saya kopi ini cocok- cocok-an jadinya ada yang bakal suka banget atau ada yang bakal  ngga suka banget. Cocok untuk dijadikan espresso dalam bentuk single origin maupun campuran dalam suatu blend.

Anyway selamat berakhir pekan untuk yang libur besok dan salam Amstirdam :)

Kami menyediakan Kopi Arabika Flores Manggarai dan tersedia dalam bentuk green, roasted sesuai dengan tingkat kematangan yang anda inginkan dan juga dalam bentuk bubuk.