Kopi Toraja Sapan 13 Mar 14

Kopi Toraja Sapan 13 Mar 14

Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Dalam coffee journey saya sore ini akan menggunakan Kopi Arabika Toraja Sapan sekitar 6 hari post roast. Kopi yang sama pernah saya review sebelumnya di coffee journey 25  dan it would be interesting to see kalau ada perubahan dicitarasa dan aromanya. Biasanya kopi mulai fully developed di 6 hari post roast. Grade kopi ini adalah specialty dan hari ini masih tetap disajikan sebagai cappuccino.

Seperti biasanya saya timbang sekitar 14 gram kopi, lalu saya giling. Sewaktu kopi digiling tercium aroma buah plum dan manis dari karamel yang cukup dominan. Setelah semua kopi sudah digiling, dilanjutkan dengan dose- tamp dan brew. Tak lama setelah tuas dari mesin espresso ditarik, kopi yang berwarna hitam -coklat dan keemasan mulai menetes layaknya seperti madu yang menetes kedalam cangkir yang telah disiapkan sebelumnya dibawahnya. Setelah terkumpul kurang lebih 30ml dalam waktu 30 detik, susu mulai saya stretch dan panaskan. Sesudah itu susu yang sudah dipanaskan di tuangkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya dan mulailah saya ber-latte art (ehheeh dan ternyata gagal lagi hari ini)

Nah sekarang ke hasil pengamatan saya. Dari segi aroma tercium aroma buah plum dan karamel yang cukup sweet sehingga saya ngga sabar untuk mencicipinya. Setelah diminum terasa body atau kekentalan yang medium, low- medium acidity dan terasa sweet sekali. Hari ini kopi terasa plum sekali walaupun ini adalah milk based drink. Kesimpulan saya ini adalah kopi yang benar- benar nikmat dan terasa sangat ‘Toraja’ dan pas sekali untuk menemani saya beristirahat di sore yang cukup sejuk di kota Malang ini.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Kami juga menjual Kopi Arabika Toraja Sapan ini tersedia dalam bentuk green, roasted di tingkat kematangan yang anda inginkan dan juga bubuk.