Kopi Arabika Flores Bajawa 12 Mar 14

Kopi Arabika Flores Bajawa 12 Mar 14

Selamat sore para penikmat kopi nusantara. Cuaca yang cukup sejuk dikerenakan habis hujan yang cukup lebat, rasanya pas sekali minum kopi yang serasa seperti hot chocolate untuk menghangatkan badan sore ini. Dalam coffee journey hari ini saya akan menggunakan Kopi Arabika Flores Bajawa yang diroast/ sangrai sekitar 13 hari yang lalu dengan tingkat kematangan city +. Kopi Arabika Flores Bajawa ini merupakan hasil dari panen tahun 2013 yang lalu dan di proses giling basah. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian mengasah kemampuan latte art saya.

 Selama ini setiap saya membuat milk based drink seperti cappuccino atau cafe latte saya selalu menggunakan double basket supaya rasa kopinya lebih terasa. Seperti biasanya saya siapkan sekitar 14 gram kopi, lalu saya giling. Sewaktu proses penggilingan sudah tercium aroma chocolate ditambah dengan sedikit aroma herby, namun aroma milk chocolate nya tetap yang dominan. Setelah itu proses dose- tamp dan dilanjutkan dengan brew. Beberapa detik setelah tuas mesin espresso diangkat kopi yang kental berwarna coklat keemasan mulai turun dengan tingkat kekentalan dan elastisitas  seperti layaknya madu. Setelah terkumpul sekitar 30ml dalam 30 detik, susu saya stretch dan panaskan. Setelah itu susu dan espresso dicampurkan dan disinilah proses pembuatan latte art terjadi. (hehehe dan hari ini gagal lagi)

Hari ini saya notice kalau espressonya terlihat kental sekali dan dari hasil pengamatan saya warna cappuccino juga terlihat lebih coklat dari biasanya. Untuk aromanya tercium sekali aroma milk chocolate dan setelah diminum serasa seperti sedang minum hot chocolate bukan seperti kopi ;). Body dari Kopi Arabika Flores yang cukup tebal terasa sekali disini, very low acidity dan saya masih dapat merasakan sensasi dari milk chocolate sewaktu menulis coffee journey ini.

Ada yang bilang kalau Kopi Arabika Flores ini boring dan tidak se-bright kopi- kopi Indonesia lainnya khususnya dari Sumatra, tapi menurut saya ini semua kembali ke selera masing- masing dan hal ini juga yang membuktikan keanekaragaman kopi yang ada di Indonesia.

Anyway Selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Kami menyediakan Kopi Arabika Flores Bajawa dan tersedia dalam bentuk green, roasted sesuai dengan tingkat kematangan yang anda inginkan dan juga dalam bentuk bubuk.