Arabika Bali Kintamani 12 hari post roast disajikan sebagai cappuccino

Arabika Bali Kintamani 12 hari post roast disajikan sebagai cappuccino

Selamat sore para penikmat kopi. Udara di kota Malang terasa semakin panas dan lembab akhir-  akhir ini, dan dalam coffee journey di sore  ini saya ingin menggunakan Kopi Arabika Bali Kintamani yang di roast di level City + diroast/ sangrai  sekitar 12 hari yang lalu (kopi masih fresh). Kopi Arabika Bali Kintamani ini merupakan hasil panen tahun 2013 yang lalu dan diproses basah. Kopi ini merupakan kopi yang sama yang saya review pada coffee journey 22, dan it would be interesting to see kalau ada peningkatan atau penurunan di aroma dan citarasa, dan tentunya ada banyak faktor lain yang juga menentukan perubahan di citarasa dan aroma kopi. Karena masih penasaran dengan latte art, hari ini saya masih menyajikan kopi ini sebagai milk based drink sebagai cappuccino.

Seperti biasanya saya timbang kurang lebih 14 gram biji kopi lalu digiling. Selama proses penggilingan tercium aroma karamel yang sweet ditambah sedikit sensasi fruity. Setelah biji kopi tergiling, dilanjutkan dengan proses dose- tamp dan brew. Tak lama setelah tuas mesin espresso diangkat, mulai terlihat kopi yang kental seperti madu mulai turun mengisi cangkir yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah terkumpul sekitar 30 ml dalam kurang lebih 30 detik, tuas diturunkan dan susu siap untuk distretch dan dipanaskan. Sesudah itu susu dituangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan proses pembuatan latte art dimulai (gagal lagi hari ini :(  ) dan kopi saya sudah ready untuk dinikmati sore ini.

Nah penilaiannya. Aroma karamel yang manis ditambahkan dengan sedikit herby yang lebih intens dari dry aroma sebelumnya, setelah kopi diminum terasa body medium dengan low acidity dan kopi terasa sweeet diakhiri dengan sensasi milk chocolate. Kopi yang nikmat dan pas untuk menemani saya melepas penat sore ini.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam

Apabila tertarik mencoba Kopi Arabika Bali Kintamani  dapat dibeli disini, tersedia dalam bentuk green, roasted dan bubuk