Kopi Arabika Toraja Sapan 3 hari post roast disajikan sebagai cappuccino

Kopi Arabika Toraja Sapan 3 hari post roast disajikan sebagai cappuccino

Selamat sore para penikmat kopi, sore yang lumayan panas di kota Malang, terasa AC di kantor juga kewalahan untuk mendinginkan seluruh ruangan kantor. Untuk menemani saya dalam coffee journey ke 25 ini, saya akan menggunakan Kopi Arabika Toraja Sapan sekitar 3 hari post roast, sama seperti yang saya gunakan sebelumnya dalam coffee journey yang ke 24. Grade dari kopi ini adalah  specialty coffee, merupakan hasil panen tahun 2013 dan hari ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino. Kopi masih sekitar 3 hari post roast, dan sebenarnya saya pengen ngecheck apakah ada rasa yang sudah developed dibandingkan dengan hasil dari coffee journey sebelumnya.

Seperti biasanya saya timbang sekitar 14 gram kopi, lalu saya giling dengan tingkat kehalusan yang sudah di adjust sebelumnya. Sewaktu kopi digiling tercium aroma fruity hampir seperti buah plum, dan sweet dari karamel yang lebih dominan dari yang dapat saya cium pada coffee journey sebelumnya. Selanjutnya dose- tamp dan brew. Beberapa detik setelah tuas dari mesin espresso ditarik, kopi mulai turun dari naked portafilternya dengan tingkat kekentalan mirip seperti madu. Sesudah diperoleh sekitar 30 ml dalam 30 detik tuas saya turunkan dan susu saya strech dan panaskan. Setelah itu espresso dan susu dicampurkan dan cappuccino saya sudah ready untuk sore ini.

Dari pengamatan saya, aroma sekarang lebih terdevelop daripada coffee journey sebelumnya, aroma khas kopi toraja dapat tercium memenuhi ruangan kantor. Setelah kopi diminum dapat terasa kopi Arabika Toraja Sapan ini memiliki medium body, tingkat keasaman yang low-medium dan diakhiri dengan sensasi rasa milk chocolate. Kesimpulan saya hari ini masih sama dengan sebelumnya yaitu masih unfair untuk meng-judge kopi ini sebelum 7 hari post roast. Nanti rencananya saya coba review lagi setelah 7+ hari setelah roast. So far menurut saya kopi ini merupakan crowd pleaser and you can’t go wrong with this coffee.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

ps. please ignore the latte art today ;) lol

Kami juga menjual Kopi Arabika Toraja Sapan ini tersedia dalam bentuk green, roasted di tingkat kematangan yang anda inginkan dan juga bubuk.