Kopi Arabika Aceh Gayo 8 hari post roast yang disajikan sebagai cappuccino

Kopi Arabika Aceh Gayo 8 hari post roast yang disajikan sebagai cappuccino

Selamat sore para penikmat kopi. Sore ini dalam coffee journey yang ke 23 menemani saya melepas penat hari ini, saya akan menggunakan Kopi Arabika Aceh Gayo sekitar 8 hari post roast. Kopi ini diroast di tingkat kematangan city plus, walaupun banyak peminat Aceh gayo yang biasanya roast kopi ini ditingkat kematangan full city plus. Kopi ini masih fresh dan merupakan hasil panen tahun 2013 kemarin. Kopi tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian mengasah kemampuan latte art saya yang pas-pas an.

Seperti biasanya, saya timbang sekitar 14 gram kopi ini, sewaktu kopi sedang digiling, tercium aroma spicy dan manis dari karamel. Selanjutnya saya dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso saya tarik, kopi mulai keluar dari portafilternya dengan tingkat kekentalan seperti madu. Setelah terkumpul kurang lebih 30ml dalam 30 detik, tuas saya turunkan dan susu mulai saya stretch dan panaskan. Dan setelah itu susu saya campurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya dan mulai lah saya ber-latte art ;)

Nah dari hasil pengamatan saya, aroma spicy, karamel dan milk chocolate dapat tercium dengan jelas, dan setelah kopi saya minum, terasa sekali body yang tebal atau boleh dikata heavy, syrupy, dan sensasi rasa milk chocolate yang cukup dominan. Benar- benar representing kopi Sumatra yang memang terkenal akan heavy bodynya dan fruity/ spicy  chocolatenya. Overall saya cukup puas dengan citarasa dan aroma kopi arabika aceh gayo ini dan kalau masih ada sisa lagi saya akan review kopi ini mungkin di 12 hari post roast.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali, bagi yang hari sabtu libur, enjoy your weekend dan salam Amstirdam semuanya :)

Kami juga menjual Kopi Arabika Aceh Gayo tersedia dalam bentuk green, roasted sesuai tingkat kematangan yang anda inginkan dan juga bubuk. (klik disini untuk membeli)