Kopi Sumatra Mandheling 6 hari post roast yang disajikan sebagai cappucino

Kopi Sumatra Mandheling 6 hari post roast yang disajikan sebagai cappucino

Selamat sore para penikmat Kopi Nusantara. Sore ini menemani saya untuk melepas penat di kota Malang yang barusan diguyur hujan yang cukup lebat dan dalam coffee journey ini, saya mau menggunakan kopi yang sama yang saya gunakan pada coffee journey 17 (lihat disini). Kopi ini di sangrai di level city roast sekitar 6 hari yang lalu dan menurut saya aroma dan citarasanya sudah lebih developed daripada waktu saya mereview kopi ini  sebelumnya. Sedikit mengenai kopi ini, kopi ini merupakan hasil panen tahun 2013 dan diproses giling basah. Kopi masih tetap saya buat sebagai cappuccino untuk melatih latte art saya ;) hehehe

Seperti biasanya, saya timbang sekitar 14 gram biji kopi. Sewaktu biji kopi tersebut digiling, tercium aroma buah belimbing/ starfruit yang berwarna kuning disertai dengan aroma manis dari karamel . Selanjutnya proses dose- tamp- dan brew dimulai. Tak berapa lama setelah tuas dari mesin espresso saya tarik, kopi mulai pelan- pelan keluar dari naked portafilter dan mulai turun kedalam gelas dengan tingkat kekentalan hampir seperti madu. Setelah terkumpul kurang lebih 30ml dalam 30 detik, tuas dari mesin espresso saya turunkan dan susu saya stretch dan panaskan. Setelah itu susu yang telah siap saya campur kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya.

Nah penilaiannya sekarang, sewaktu cangkir saya dekatkan ke hidung saya tercium sekali aroma buah belimbing kuning, sedikit peppery dengan aroma manis dari karamel. Kopi saya minum, terasa sekali body atau tingkat kekentalan yang tipis dan meninggalkan rasa kering di rongga mulut saya tak berapa lama setelah meminum kopi ini. Overall menurut saya Kopi Arabika Mandheling ini nikmat sekali,  dan benar- benar cocok untuk melepas penat di sore yang lumayan dingin di kota Malang.

Anyway selamat meneruskan aktifitas kembali dan salam Amstirdam.

Kopi Arabika Sumatra Mandheling dapat di beli disini, tersedia dalam bentuk green bean, roasted bean dan bubuk