Kopi Arabika Toraja 5 hari post roast yang disajikan sebagai cappuccino hari ini

Kopi Arabika Toraja 5 hari post roast yang disajikan sebagai cappuccino hari ini

Sore yang lumayan mendung dan becek di kota Malang dikarenakan hujan yang cukup lebat barusan. Sambil melepas penat hari ini dalam coffee journey kali ini saya akan menggunakan kopi yang cukup terkenal diantara para penikmat kopi yaitu Kopi Arabika Toraja. Kopi ini di roast sekitar 5 hari yang lalu dengan tingkat kematangan city plus. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2013 dan diproses basah. Seperti biasanya kopi masih tetap disajikan sebagai cappuccino untuk melatih latte art saya ;)

Cara pembuatannya tetap sama seperti coffee journey sebelumnya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram kopi, dan saya masukkan kedalam hopper. Begitu grinder dihidupkan dapat tercium aroma bunga bunga-an + sedikit buah segar. Selanjutnya proses grind- dose- tamp dimulai. Setelah tuas dari mesin espresso ditarik, kopi mulai keluar dari naked portafilter cukup kental dengan intensitas seperti madu. Setelah terkumpul sekitar 30ml dalam kurang lebih 30 detik, tuas saya turunkan dan susu mulai saya stretch dan panaskan. Setelah susu ready, saya campurkan susu tersebut kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya.  Dan cappuccino saya sudah siap untuk dinikmati sore ini.

Nah hasil pengamatan saya, tercium aroma buah- buahan dengan body medium ditambahkan dengan sedikit sensasi chocolate. Menariknya setelah kopi cukup dingin, terasa seperti habis makan ‘skippy’ (selai kacang/ peanut butter) atau dalam istilah perkopian dinamakan nutty. Benar- benar kopi yang nikmat dan mungkin kopi ini juga cocok kalau diroast dengan tingkat kematangan full city + sehingga aroma chocolatenya bisa semakin menonjol. Anyway kopi ini juga masih 5 hari post roast dan dari segi aroma dan citarasa masih belum fully developed menurut saya. Bakalan interesting untuk mengetahui perubahan di citarasa dan aroma setelah at least 9 hari post roast.

Anyway selamat kembali beraktifitas dan salam Amstirdam:)

Kami juga menjual Kopi Arabika Toraja tersedia dalam bentuk green, roasted sesuai tingkat kematangan yang anda inginkan dan juga bubuk. (klik disini untuk membeli)