Kopi Arabika Aceh Gayo 4 hari post roast yang disajikan sebagai cappuccino

Kopi Arabika Aceh Gayo 4 hari post roast yang disajikan sebagai cappuccino

Sore yang cukup mendung di Kota Malang hari ini. Untuk menemani saya melepas penat setelah bekerja seharian, dalam coffee journey kali ini saya akan menggunakan biji Kopi Arabika dari Aceh Gayo yang diroast sekitar 4 hari yang lalu, dengan kata lain kopi ini cukup fresh walaupun belom fully developed. Sedikit mengenai kopi ini, kopi ini merupakan hasil panen tahun 2013 kemarin, dengan proses giling basah dan diroast dilevel city plus. Kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino, sekalian latian membuat latte art :)

Nah proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram kopi, lalu saya masukkan kedalam grinder. Sewaktu penggilingan, dry aroma yang tercium adalah fruity dengan sedikit karamel. Selanjutnya prosesĀ  dose- tamp- dan brew dimulai. Beberapa detik setelah tuas dari mesin espresso saya tarik keatas, kopi yang berwarna hitam keemasan mulai menetes dengan tingkat kekentalan seperti madu. Setelah terkumpul kurang lebih 30 ml dalam 30 detik, cangkir saya pinggirkan dan susu mulai saya stretch dan panaskan. Sesudah itu susu saya campurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya untuk coffee journey hari ini telah ready.

Dari hasi pengamatan saya, aroma karamel beserta fruity tercium cukup dominan, dan setelah saya minum terasa caramel, fruity/ spicy dan sedikit chocolate yang cukup sweet. Body atau kekentalan yang medium namun tidak sekental kopi arabika flores yang saya nikmati dalam coffee journey sebelumnya (lihat disini), dilanjutkan dengan rasa yang cukup kering didalam rongga mulut saya. Overall kopi yang cukup nikmat untuk dinikmati setiap hari dan setiap waktu apalagi setelah minimal 7 hari post roast dimana aroma dan citarasanya bakal fully developed. Basically a coffee you cant go wrong with.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda dan salam Amstirdam

Kami juga menjual Kopi Arabika Aceh Gayo tersedia dalam bentuk green, roasted sesuai tingkat kematangan yang anda inginkan dan juga bubuk. (klik disini untuk membeli)