Kopi Arabika Flores Bajawa 2 hari post roast yang disajikan sebagai cappucino

Kopi Arabika Flores Bajawa 2 hari post roast yang disajikan sebagai cappucino

Tak terasa bulan Februari sudah selesai dan sekarang sudah bulan Maret.  Untuk menemani saya di Coffee Journey pertama untuk bulan Maret ini, saya memilih menggunakan Kopi Arabica Flores Bajawa yang di roast 2 hari yang lalu di tingkat kematangan city plus, jadi kopi masih cukup fresh walaupun masih under developed. Sedikit mengenai Kopi Flores Bajawa ini, kopi ini di proses giling basah dan merupakan hasil panen dari tahun 2013 kemarin. Kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappucino.

Nah mulai proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram biji kopi lalu saya masukkan kedalam grinder. Dari segi dry aroma tercium sedikit aroma yang mirip dengan kopi sumatra yaitu herby namun ada hint of milk/ white chocolate. Selanjutnya proses dose- tamp- and brew dimulai. Setelah tuas dari mesin espresso diangkat, kopi mulai keluar dari naked portafilter dengan intensitas persis seperti madu, dan setelah terkumpul sekitar 30 ml dalam kurang lebih 30 detik tuas saya turunkan dan susu mulai saya stretch dan panaskan. Selanjutnya susu yang sudah ready saya campurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappucino saya di sore hari ini sudah ready dan siap untuk menemani akhir pekan saya.

Nah dari hasil penciuman saya, tercium aroma milk chocolate dan sedikit aroma toblerone yang putih. Setelah diminum hal pertama yang terasa adalah body atau kekentalan kopi yang tebal sekali dengan sensasi rasa milk chocolate didalam rongga mulut saya dengan tingkat acidity yang low. Cukup terasa beda sekali dibandingkan dengan kopi yang berasal dari Sumatra dimana kopi tersebut memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi, fruity/floral tone sehingga kopi terasa lebih sweet dan bright namun body yang tidak setebal Kopi Arabika Flores ini. Menurut saya untuk bisa menyukai kopi ini lebih ke selera masing- masing, ada yang bakal suka ada dan mungkin ngga suka dikarenakan rasa yang cukup extreme dibandingkan dengan kopi- kopi yang lainnya.

Anyway selamat menikmati akhir pekan anda dan salam Amstirdam :)

Kami menyediakan Kopi Arabika Flores Bajawa dan tersedia dalam bentuk green, roasted sesuai dengan tingkat kematangan yang anda inginkan dan juga dalam bentuk bubuk.