Arabika Sumatra Mandeling 1 hari post roast disajikan sebagai cappucino

Arabika Sumatra Mandeling 1 hari post roast disajikan sebagai cappucino

Selamat sore para penikmat kopi nusantara. Sore ini menemani saya dalam coffee journey yang ke 17 ini, saya akan menggunakan Kopi Arabika Mandheling yang di roast 1 hari yang lalu (yang pasti rasa belum fully developed) di level city roast jadi masih benar- benar fresh. Kopi Arabika Mandheling ini di proses giling basah dan merupakan hasil panen tahun 2013 yang lalu.

Hari ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappucino dengan menggunakan full cream milk. Seperti biasanya saya timbang sekitar 14 gram biji kopi, lalu saya masukkan kedalam hopper grinder. Dry aroma yang benar benar tercium sewaktu proses penggilingan adalah spicy mendekati aroma  paprika ditambahkan dengan aroma manis karamel. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew dimulai. Beberapa detik setelah tuas dari mesin espresso diangkat, kopi mulai turun dari portafilter dengan warna kecoklatan dengan intensitas seperti madu. Setelah terkumpul sekitar 30 ml dalam 30 detik, saya siapkan susunya untuk di stretch dan dipanaskan. Setelah itu susu saya campurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya.

Nah penilaiannya, aroma paprika yang peppery dengan karamel masih cukup menonjol, setelah diminum terasa cukup spicy dengan body yang tipis dan balance. Rongga mulut saya terasa cukup kering setelahnya ngga berapa lama. Overall kopi ini cukup nikmat dan saya rasa unfair untuk men-judge kopi ini sekarang dikarenakan masih 1 hari post roast dan rasa yang masih underdeveloped.

Anyway selamat melanjutkan aktivitas kembali dan salam Amstirdam :)

Kopi Arabika Sumatra Mandheling dapat di beli disini, tersedia dalam bentuk green bean, roasted bean dan bubuk