Arabika Jawa  6 hari ost roast yang disajikan sebagai cappucino pada coffee journey kali ini

Arabika Jawa 6 hari ost roast yang disajikan sebagai cappucino pada coffee journey kali ini

Selamat sore para penikmat kopi, sore ini menemani saya dalam coffee journey, saya memilih menggunakan Kopi Arabika Jawa Timur yang di roast sekitar 6 hari yang lalu, dan kopi ini masih benar- benar fresh. Kopi ini di proses basah dan hasil dari perkebunan di dataran tinggi Ijen di Jawa Timur. Seperti biasanya kopi tetap saya sajikan sebagai cappucino.

Proses pembuatannya. Pertama saya timbang 14 gram kopi lalu saya giling dengan tingkat kehalusan yang sudah di set sebelumnya untuk menghasilkan 30ml dalam 30 detik. Selanjutnya proses dose-tamp and brew dimulai, Dari segi dry aromanya, tercium aroma asam jawa ditambah dengan aroma manis dari karamel. Selanjutnya tuas dari mesin espresso saya angkat dan cairan kopi yang cukup dikenal dengan nama ‘black gold’ ini mulai menetes dari portafilternya dengan tingkat konsistensi seperti madu. Aroma asam jawa dengan karamel terasa memenuhi seluruh ruangan roasting. Setelah terkumpul espresso sekitar 30ml dalam 30 detik, susu saya stretch dan panaskan. Setelah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya.

Nah hasil pengamatan saya, aroma asam jawa di imbangi dengan aroma karamel menjadikan kopi ini ngga sabar untuk saya nikmati. Setelah diminum, asam jawa mulai terasa dengan tingkat acidity yang medium dilanjutkan dengan sensasi chocolate. Tingkat kekentalan medium dengan clean aftertaste. Unfortunately susu yang saya gunakan hari ini masih tetap skim milk, andaikan susunya menggunakan full cream milk saya yakin rasanya akan menjadi semakin nikmat.

Anyway selamat melanjutkan aktivitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik mencoba Kopi Arabika Jawa Timur dapat dibeli disini (Tersedia dalam bentuk green bean, roasted biji dan bubuk)