Coffee journey hari ini menggunakan Kopi Arabika Jawa 5 hari post roast disajikan sebagai cappucino

Coffee journey hari ini menggunakan Kopi Arabika Jawa 5 hari post roast disajikan sebagai cappucino

Sore yang mendung hari ini. Kota Malang barusan diguyur hujan yang cukup deras dan udara terasa cukup sejuk, dan untuk menemani saya dalam coffee journey sore ini, saya memilih menggunakan my all time favourite yaitu Kopi Arabika Jawa Timur yang ditanam di sekitar dataran tinggi Ijen. Kopi ini di roast pada tanggal 20 Februari, jadi kopi ini masih fresh dan menurut saya belum fully developed tapi masih fresh. Dalam coffee journey hari ini, kopi Arabika Jawa Timur ini masih saya seduh sebagai cappucino karena saya masih penasaran cara membuat latte artnya ;)

Seperti biasa, saya timbang sekitar 14 gram kopi, saya masukkan kedalam hopper dari grinder saya, dan dry aroma karamel ditambahkan dengan aroma asam jawa dengan tingkat intensitas yang sama sehingga menghasilkan satu aroma yang asam asam manis ;). Selanjutnya proses dose- tamp dan brew dimulai. Sewaktu tuas dari mesin espresso ditarik, cairan kopi mulai menetes ke dalam cangkir yang telah disiapkan sebelumnya, dan kopi terlihat cukup kental dengan elastisitas seperti madu. Selanjutnya susu saya siapkan untuk di stretch dan dipanaskan. Sayang sekali yang tersisa hanyalah skim milk jadi susu inilah yang saya siapkan sore ini. Setelah susu ready, susu saya campurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya.

Nah dari hasil pengamatan saya, aroma espresso cukup manis, aroma asam jawa ditambahkan dengan aroma karamel dengan tingkat intensitas yang sama, dan setelah kopi diminum terasa body yang tipis sekali (pasti karena skim milk :( ), acidity yang medium dan ditambah dengan hint of daun jeruk purut (lime kaffir). Kop cukup enak cuma menurut saya kalau pake susu yang full cream rasanya bakalan lebih enak.

Anyway selamat melanjutkan aktivitas kembali dan salam amstirdam

 

Apabila tertarik mencoba Kopi Arabika Jawa Timur dapat dibeli disini (Tersedia dalam bentuk green bean, roasted biji dan bubuk)