Coffee Journey kali ini mencoba membuat cappucino menggunakan blend Jawa Timur yang di roast 12 hari yang lalu

Coffee Journey kali ini mencoba membuat cappucino menggunakan blend Jawa Timur yang di roast 12 hari yang lalu

Hari Senin selalu fun untuk dijalani karena badan terasa seperti telah di-recharge. Untuk menemani saya dalam coffee journey kali ini, saya memilih menggunakan Kopi Blend Jawa Timur yang freshly roasted sekitar 12 hari yang lalu. Sesuai dengan namanya, Kopi Blend Jawa Timur ini menggunakan kopi campuran antara Arabika dan Robusta dari beberapa perkebunan penghasil kopi terbaik di Jawa Timur. Hari ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappucino dan saya rasa pas untuk dinikmati di kota Malang yang barusan diguyur hujan yang cukup lebat.

Proses pembuatannya masih sama seperti biasanya, kopi saya timbang sekitar 14 gram, dan saya masukkan kedalam grinder Mazzer mini. Sewaktu proses penggilingan terjadi, aroma asam jawa, karamel dan chocolate tercium cukup dominan. Setelah itu proses dose-grind dan tamp dimulai. Tak lama setelah tuas dari mesin espresso diangkat, cairan kopi berwarna keemasan, atau sering disebut dengan nama ‘black gold’ mulai turun dari portafilter dengan tingkat kekentalan persis seperti madu. Setelah terkumpul 30ml dalam kurang lebih 30 detik, susu mulai saya stretch dan panaskan. Sesudah susu ready, susu saya campurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya.

Dari segi wet aromanya, tercium aroma karamel dan asam jawa yang manis. Setelah itu kopi saya minum dan mulai terasa rasa asam jawa, acidity yang medium, dan disusul dengan sensasi rasa chocolate. Sedikit teringat dengan rasa Milo yang cukup nikmat dan berbeda itu. Menurut saya aroma dan citarasa kopi blend yang benar- benar pas untuk dinikmati di sore ini.

Anyway selamat melanjutkan aktivitas kembali dan salam Amstirdam.

Beberapa dari kopi Nusantara kami dapat dibeli disini, tersedia dalam bentuk green bean, roasted bean maupun bubuk dengan tingkat roasting yang dapat dipilih sesuai selera.