tamandadar 120516
Selamat sore para Penikmat kopi Nusantara. Sore ini setelah tidak posting selama hampir 1 minggu dikarenakan kapasitas pesanan yang cukup banyak, saya ingin mengajak Anda untuk membuat dan menikmati kopi arabika dari Jawa Timur Taman Dadar yang kami sangrai 17 hari yang lalu ditingkat kematangan light-medium dengan profile sangrai yang lebih agresif. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses semi basah. Beberapa teman yang mencoba kopi ini disajikan sebagai tubruk dan juga filter seperti V60 mengatakan bahwa kopi ini berasa coklat banget dengan clarity yang cukup jelas ditambahkan dengan aroma yang juga cukup tinggi. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang roaster untuk mendapatkan feedback yang positive dari teman maupun pelanggan. Anyway sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma coklat kakao yang sedang disangrai dengan aroma manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 8 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan espresso terlihat coklat keemasan dengan intensitas yang cukup kental. Setelah diperoleh sekitar 20 gram, tuas saya matikan dan ristretto (restricted espresso) saya untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan dan setelah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi ristretto sebelumnya dan finally cappuccino saya sudah ready sore ini.

Nah sekarang ke bagian yang terpenting, aroma dan citarasanya. Aroma coklat kali ini tercium lebih milky dan manis sekali. Setelah kopi diminum terasa seperti sedang minum hot chocolate dengan finish rasa manis. Saya percaya kalau mata saya ditutup pasti saya bilang ini adalah hot chocolate bukan kopi, hehehe. Overall kopi yang bagus sekali, setelah 5 tahun menggunakan kopi dari Taman Dadar, kemungkinan besar kita baru bisa tackle roasting profile yang cukup pas untuk kopi ini dan tanpa terasa kopi sudah habis dan saya mesti melanjutkan roasting untuk sore ini.

Anyway selamat melanjutkan aktivitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Jawa Taman Dadar ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini