flores030516Selamat sore para Penikmat kopi nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 132, saya ingin mengajak Anda untuk membuat dan menikmati kopi arabika yang profile roasting nya barusan kami ulik. Kopi yang akan kami gunakan sore ini adalah kopi arabika yang berasal dari Flores Manggarai yang merupakan panen tahun 2015 kemarin dan kami sangrai cukup agresif ditingkat kematangan light-medium. Cukup menarik karena banyak yang biasanya untuk membuat milkbased drinks perlu meroast kopinya hingga medium dark, namun kopi ini sudah cukup manis dan gurih ketika dicampurkan dengan susu walaupun hanya disangrai ditingkat kematangan light-medium. Kopi sore ini masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art dan steaming susu agar susu terasa manis yang optimal.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperiment ini dimulai. Sewaktu biji kopi ini di giling tercium sekali aroma coklat dengan aroma buah citrus yang kurang spesific dengan aroma manis brown sugar. Selanjutnya proses dose-tamp dan brew. Sekitar 8 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso mulai menetes dengan warna coklat keemasan dengan intensitas yang cukup kental. Setelah diperoleh 20 gram per cup, tuas saya matikan dan ristretto sudah siap sore ini. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan dan setelah susu ready dengan microfoam yang pas, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan akhirnya cappuccino saya sudah ready untuk sore ini.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma karamel coklat kali ini tercium lebih dominan dengan sensasi aroma manis sekali. Setelah kopi saya minum terasa sekali kopi ini cukup manis, acidity yang pas di ristretto nya membuat kopi ini menjadi gurih sekali ketika dipadukan dengan susu yang kental akan microfoam dan memang terasa jika dibandingkan dengan profile kami sebelumnya, terasa sekali perbedaan nya terutama di body dari cappuccino maupun ristretto yang lebih ringan namun menurut saya profile baru ini lebih aromatik dan lebih manis ketika diseduh.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik untuk mencoba kopi arabika Flores Manggarai ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini