tamandadar 250416Selamat sore para Penikmat kopi Nusantara dimanapun Anda berada. Setelah vacuum selama beberapa waktu dikarenakan kesibukan untuk pindahan ke tempat baru dan beberapa eksperimen hasil dari pembelajaran kami dengan salah satu roaster kenamaan dari Australia, hari ini saya ingin mengajak anda untuk membuat cappuccino menggunakan kopi arabika dari hasil percobaan tersebut. Kopi Arabika yang akan kita gunakan adalah kopi arabika Jawa Timur Taman Dadar yang merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses basah. Kopi ini disangrai ditingkat kematangan light medium menggunakan profile baru yang lebih agresif sekitar 5 hari yang lalu, dan beberapa hasil cupping menunjukkan peningkatan aroma dan citarasa yang signifikan. Anyway sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Untuk membuatnya pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini dibuat. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma citrus namun kurang spesifik dengan aroma manis yang bukan manis caramel yang selalu kita peroleh. Selanjutnya proses dose-tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan setelah diperoleh 20ml per cup (cup yang kita gunakan per 150ml), tuas saya matikan dan espresso untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan dan setelah diperoleh suhu yang pas, steamer saya matikan dan susu juga sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso dan disinilah proses pembuatan latte art terjadi.

Nah sekarang kebagian yang terpenting yaitu aroma dan citarasa. Aroma kopi terasa cukup harum seperti brown sugar yang manis sekali. Setelah kopi diminum terasa sekali aroma citrus yang masih tercium didalam rongga mulut dengan rasa sugar browning yang manis sekali. Salah satu customer kami juga pas diajak mencoba mengatakan bahwa kopi terasa smooth sekali dan manis sehingga tidak perlu menambahkan gula lagi sekalian untuk bisa mengurangi gejala diabetes. Menurut kami profile baru ini is the way to go, kopi disangrai dengan waktu sekitar 2 menit lebih cepat dan tidak terasa astringent dan yang terpenting masih tetap sweet.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Jawa Taman Dadar ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini