toraja 070416Selamat sore para Penikmat kopi Nusantara, sore ini dalam coffee journey yang ke 129 saya ingin mengajak anda untuk membuat dan menikmati kopi arabika dari Sulawesi yaitu Toraja Sapan yang kami sangrai/ roast 12 hari yang lalu ditingkat kematangan city+ atau medium dimana kopi dikeluarkan pas diakhir first crack. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses basah. Kopi ini merupakan salah satu favorit saya untuk milkbased karena aromatic dan sweetnessnya cukup baik walaupun sudah tercampur dengan susu. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini dimulai. Sewaktu biji kopi ini digiling tercium aroma fruity lebih ke dried fruits dengan sugar browning yang tercium cukup gurih. Selanjutnya proses dose tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dengan warna kuning keemasan dengan intensitas yang bagus. Dan setelah diperoleh sekitar 20 gram per cup (hari ini kita menggunakan ristretto), tuas saya matikan dan ristretto saya sudah ready sore ini. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, dan setelah susu silky dan glossy, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang terisi ristretto sebelumnya dan cappuccino saya sudah ready sore ini.

Nah ke bagian yang paling penting sekarang. Aroma dried fruits yang bercampur dengan karamel susu tercium cukup manis dan setelah kopi diminum, terasa aroma dried fruits yang cukup harum dengan acidity yang sudah dicut sama susu sehingga terasa cukup gurih dan diakhiri dengan rasa manis dengan karamel seperti sudah dicampur dengan gula sebelumnya. Another winner menurut saya untuk milkbased drinks.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Toraja Sapan  ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini