bali 040416Selamat sore para Penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 127, saya ingin mengajak anda membuat dan menikmati kopi Indonesia dari Bali Kintamani yang namanya sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Kopi ini kami sangrai ditingkat kematangan light-medium, dan keluar sewaktu rolling first crack, jadi masih masuk di tingkat kematangan city. Setelah beberapa kali trial menggunakan kopi ini sebagai cappuccino dengan hasil citarasa dan aroma yang luar biasa, akhirnya kami memutuskan untuk merubah profile roast kami untuk semua Bali Kintamani ke tingkat kematangan ini. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperiment ini dimulai. Sewaktu biji kopi ini digiling tercium aroma fruity bukan seperti jeruk pada umumnya, dan bercampur dengan aroma karamel yang cukup manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 8 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dengan warna kuning keemasan dan setelah diperoleh 20 gram per cup tuas saya matikan dan espresso untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, dan setelah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan whoala cappuccino saya untuk sore ini sudah siap untuk dinikmati.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma stone fruit mulai tercium tercampur dengan aroma karamel coklat yang tercium cukup gurih. Setelah kopi saya minum, terasa sekali sensasi aroma fruity yang nikmat dengan rasa manis dan rasa karamel coklat yang terasa didalam rongga mulut dan diakhiri dengan rasa manis yang pas sekali. Menurut saya kopi ini salah satu kopi yang cukup pas dicampur susu ataupun diminum black sebagai filter dan espresso atau lazimnya disebut omniroast. Overall salah satu kopi yang menurut saya akan menjadi hit dikalangan penikmat kopi Nusantara yang mencari rasa fruity namun cukup balanced.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Bali Kintamani ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini