flores 150316Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 124 saya ingin mengajak Anda para penikmat kopi Nusantara untuk menyajikan dan menikmati kopi arabika yang rasanya sudah diakui dunia yaitu kopi arabika yang berasal dari Flores Manggarai yang disangrai/ roast 16 hari yang lalu ditingkat kematangan medium/ city+ yang dikeluarkan pas end of first crack. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat espresso dan tentunya satu cup lagi yang espresso juga akan saya cicipi seperti biasanya.

OK langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini dimulai. Sewaktu biji kopi digiling tercium sekali aroma coklat yang manis bercampur dengan tropical fruit yang tercium di background cukup nikmat namun belum bisa kami deskripsikan. Selanjutnya prosesdose-tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan krema terlihat kekuningan dan agak encer, namun ini sesuai dengan hasil eksperimen sebelum ini untuk dapat menampilkan kopi yang manis. Setelah diperoleh 25 gram per cup, tuas espresso saya matikan dan espresso saya untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya campurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya sudah siap untuk dinikmati sore ini.

Nah sekarang kebagian terpenting yaitu aroma dan citarasanya. Aroma tropical fruit yang bercampur dengan coklat yang manis tercium cukup jelas walaupun sudah tercampur dengan susu. Setelah kopi saya minum, terasa sekali rasa coklat yang bercampur dengan sensasi rasa buah dan kopi terasa manis sekali seperti sudah dicampur dengan gula sebelumnya. Apabila ada teman ataupun customer baru yang menanyakan tentang kopi yang paling cocok untuk espresso based drinks terutama kalau dicampur susu menurut saya kopi dari Flores Manggarai ini yang paling tepat untuk dicoba pertama kali (imho).

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik untuk mencoba kopi arabika Flores Manggarai ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini