toraja 140316Selamat sore para penikmat kopi Nusantara dimanapun Anda berada. Sore ini dalam coffee journey yang ke 123 saya akan membawa anda menyajikan dan menikmati kopi arabika yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia yaitu kopi arabika dari Toraja Sapan yang kami roast 15 hari yang lalu. Kopi ini sengaja kami simpan untuk dapat ditest diatas 10 hari sesudah roast karena keseringan kopinya habis duluan sebelum masuk dihari yang ke 10. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses basah. Kopi kami seleksi dulu untuk mengeliminasi kalaupun ada hasil sortir reject yang kelewatan waktu disortir ditingkat petani. Kopi ini kami sangrai ditingkat kematangan medium untuk dinikmati sebagai espresso maupun turunan nya. Sore ini kami tetap menyajikan kopi ini sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Untuk membuatnya pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperiment ini dimulai. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma tropical fruit dengan karamel yang tercium manis, somehow karamelnya tercium lumayan dominan kali ini. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 5 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan aliran terlihat cukup deras, tapi ini sesuai dengan hasil test sebelum eksperiment ini untuk dapat espresso yang manis. Setelah diperoleh 25 gram per cup, tuas saya matikan dan espresso saya sudah ready, crema terlihat lebih tipis namun aromanya manis sekali. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan akhirnya cappuccino saya sudah ready sore ini.

Nah sekarang ke bagian aroma dan citarasanya. Aroma tropical dengan karamel yang manis semakin jelas tercium dan setelah kopi diminum terasa sekali mix of tropical fruit dengan ending karamel seperti gula aren yang terasa manis sekali. Kopi yang menurut saya pas sekali untuk dinikmati di hari Senin ini. Sudah tidak perlu menambahkan gula lagi bagi anda penikmat kopi dengan gula dikarenakan kopi dengan susu yang tercampur sudah cukup manis dan memberikan rasa gula aren juga. Cukup menarik sekali untuk dapat menikmati kopi ini di waktu- waktu kopi ini mulai nikmat untuk dinikmati sebagai espresso dan turunannya.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Toraja Sapan  ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini