aceh110316Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Dalam coffee journey yang ke 122 ini,saya ingin mengajak anda membuat dan menikmati kopi yang namanya sudah tentu tidak asing dikalangan para penikmat kopi Nusantara yaitu kopi arabika Aceh Gayo yang kami roast ditingkat kematangan medium/ city + 7 hari yang lalu. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses mix giling basah dan basah. Kopi ini kami sangrai bukan untuk fokus di body dari kopinya melainkan untuk bisa mampu menonjolkan fruitiness dari kopi ini namun balance sewaktu dinikmati dari panas hingga dingin. Sore ini kopi masih tetap kami sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art yang susah- susah gampang.

Untuk membuatnya pertama saya timbang 20 gram biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini dimulai untuk dapat menghasilkan espresso yang optimal untuk dicampur susu dijadikan cappuccino. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma spices dengan karamel yang tercium manis sekali seperti gula yang dibakar untuk menghasilkan karamel. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dengan warna kuning keemasan dan terlihat cukup creamy. Setelah diperoleh 25 gram per cup, tuas saya matikan dan espresso sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian setelah susu siap, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan akhirnya cappuccino saya sudah siap sore ini.

Nah langsung saja ke aroma dan citarasanya. Aroma coklat karamel bercampur spices tercium cukup manis. Setelah kopi diminum terasa tekstur kekentalan yang menurut saya cukup kental terutama karena dicampur dengan susu yang memiliki microfoam yang pas, ditambahkan dengan rasa coklat yang seperti meledak didalam rongga mulut dan berakhir dengan rasa manis yang terasa agak lama tertinggal didalam rongga mulut. Menurut saya kopi ini lebih as untuk dinikmati disore hari daripada dinikmati pas sarapan, tapi semua kembali ke selera.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Aceh Gayo ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bean bubuk maupun biji dapat dibeli disini