silimakuta 070316Selamat sore para penikmat kopi Nusantara dimanapun anda berada. Sore ini dalam coffee journey yang ke 121 saya ingin mengajak anda untuk membuat kopi Sumatra yang menurut saya paling berbeda dikarenakan citarasa dan aromanya yang unik dan baik sekali, yaitu kopi arabika Sumatra Silimakuta. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 awal dan diproses basah. Kopi ini kami sangrai ditingkat kematangan city+/ medium dan merupakan roastingan yang sama dengan coffee journey sebelumnya. Sore ini kopi masih tetap saya buat sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Untuk membuatnya pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperiment ini dibuat. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma coklat yang menurut saya lebih terdevelop dari coffee journey sebelumnya dan ditambah dengan capsicum  yang tercium cukup gurih dan manis. Selanjutnya proses dose-tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan kopi terlihat kental sekali dengan warna kuning keemasan dan aroma yang keluar cukup harum memenuhi ruangan kami yang tidak seberapa besar. Setelah diperoleh 25ml per cup, tuas saya matikan dan espresso sebagai bahan dasar untuk cappuccino saya sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan akhirnya cappuccino saya sudah ready sore ini.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma coklat tercium harum dan manis, kopi yang bercampur susu terlihat cukup kental dan tebal. Setelah kopi diminum terasa sekali rasa coklat yang dipadu dengan kekentalan yang memiliki tekstur seperti thick hot chocolate dengan finish aroma kulit jeruk yang tercium/ terasa agak samar-samar. Kopi terasa cukup manis dan tanpa terasa cup sudah kosong dan coffee journey untuk hari ini juga sudah berakhir.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam :)

Untuk sementara kopi arabika Sumatra Silimakuta sedang kosong, stok hasil panen terbaru rencananya akan tiba akhir minggu ini dan akan tersedia kembali dalam beberapa minggu kedepan setelah kami selesai mendapatkan profile roast yang tepat. Apabila tertarik mencoba, kopi arabika Sumatra Silimakuta tersedia dalam bentuk biji maupun bubuk disini dan greenbean disini dan tentunya free untuk dicoba di tempat kami.