Kopi Blend Jawa Timur 7 hari post roast disajikan sebagai cappucino

Kopi Blend Jawa Timur 7 hari post roast disajikan sebagai cappucino

Selamat sore para pecinta kopi, sore ini menemani coffee journey saya, saya memilih menggunakan salah satu Kopi Blend kamiĀ  yang dinamakan Kopi Blend Jawa Timur yang cukup populer di beberapa customer kita. Sesuai dengan namanya, blend ini terdiri dari kopi Arabika yang berasal dari Jawa Timur dari beberapa perkebunan ditambahkan dengan sedikit Robusta yang dihasilkan dari daerah penghasil kopi di Malang Selatan (atau lebih dikenal dengan nama Amstirdam). Oh ya kopinya masih tetap disajikan sebagai cappucino.

Seperti biasanya, saya timbang sekitar 14 gram kopi, lalu dimasukkan kedalam grinder. Proses selanjutnya adalah dose-tamp- and brew. Dari dry aromanya tercium aroma karamel, sedikit aroma asam jawa, ditambahkan hint of chocolate. Selanjutnya tuas mesin espresso saya angkat dan kopi yang lebih dikenal dengan nama black gold mulai kelihatan turun dan kental seperti madu. Setelah diperoleh sekitar 30ml dalam kurang lebih 30 detik, saya siapkan susunya untuk di stretch dan dipanaskan. Setelah susu siap, maka dicampurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya dan cappucino saya untuk coffee journey hari ini telah ready.

Dari segi aroma, tercium aroma karamel yang dominan ditambah dengan hint of chocolate dan sedikit aroma asam jawa. Kopi saya minum dan terasa acidity yang medium, body atau kekentalan yang medium, dan disusul dengan sensasi rasa chocolate setelah beberapa saat. Banyak orang yang beranggapan bahwa campuran robusta dalam suatu blend kadang bisa merusak citarasa dan aroma kopi, tapi menurut saya apabila robusta diroast dengan benar dan ditambahkan kesuatu blend dengan komposisi yang benar akan membuat blend itu semakin rich.

Anyway selamat melanjutkan aktivitas kembali dan salam Amstirdam.

Beberapa dari kopi Nusantara kami dapat dibeli disini, tersedia dalam bentuk green bean, roasted bean maupun bubuk dengan tingkat roasting yang dapat dipilih sesuai selera.