flores 030316Selamat sore para Penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 119, saya akan mengajak anda membuat kopi menggunakan kopi yang merupakan salah satu kopi top seller kami yaitu kopi arabika dari Flores Manggarai. Kopi ini kami kami sangrai 7 hari yang lalu ditingkat kematangan city+ atau lebih dikenal dengan medium yaitu keluar at the end of first crack. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses basah. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperimen ini dibuat. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma coklat dengan karamel yang manis sekali. Selanjutnya proses dose tamp dan brew. Sekitar 5 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso yang berwarna kuning keemasan mulai menetes dan setelah diperoleh 25 gram per cup, tuas saya matikan dan espresso sebagai bahan dasar cappuccino sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian setelah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan espresso saya sudah ready untuk sore ini.

Nah sekarang ke bagian yang terpenting yaitu aroma dan citarasa. Aroma coklat tercium lebih menonjol seperti milk chocolate dan setelah kopi diminum terasa sekali seperti sedang minum hot chocolate daripada minum kopi terlebih dengan rasa manis diakhir dan dilengkapi dengan tekstur yang sama seperti sedang minum hot chocolate. Overall menurut saya kopi yang pas sekali untuk dinikmati sebagai single origin maupun campuran dari suatu blend yang lebih kompleks.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik untuk mencoba kopi arabika Flores Manggarai ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini