seasonal 020316Selamat sore para penikmat kopi dimanapun Anda berada. Sore ini dalam coffee journey yang ke 118, saya akan mengajak anda membuat cappuccino menggunakan kopi seasonal blend kami yang tersedia dalam jumlah terbatas namun rasa dan aromanya yang seru. Kopi ini merupakan blend antara kopi dari Sumatra dan Bali kintamani yang diproses basah dan kami sangrai ditingkat kematangan medium, sekitar 20% development time dan di blend sesudah roasting/ post roast blending. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

OK langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini dibuat. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma spices dengan aroma karamel yang tercium pedas- pedas manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan terlihat kental dengan intensitas seperti madu. Setelah diperoleh 25gram per cup, tuas saya matikan dan espresso saya sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, oh ya dengan boiler pressure yang baru, susu lebih mudah untuk diproses dan terasa lebih manis dari sebelumnya dan sesusah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya sudah ready untuk dinikmati sore ini.

Dari segi citarasa dan aroma, aroma spices dengan karamel tercium manis sekali walaupun spices tercium lebih soft kali ini. Setelah kopi diminum, terasa cukup creamy dengan rasa coklat karamel yang seperti meledak didalam rongga mulut, dan kopi ini  sebenarnya mengingatkan saya akan kopi arabika Kalosi Benteng Alla, dimana aroma coklat karamel terasa seperti meledak didalam rongga mulut, dengan sensasi rasa moka yang manis. Kopi ini tersedia dalam jumlah terbatas dan tentunya juga tersedia untuk diminum langsung di roastery kami.

Anyway selamat melanjutkan aktiftas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Dikarenakan jumlah kopi yang terbatas, pemesanan hanya dapat dilakukan melalui SMS/ Whatsapp & BBM dan tidak tersedia melalui web kami. Mohon maaf sebelumnya.