toraja 010316Selamat sore para Penikmat kopi nusantara dimanapun anda berada. Sore ini dalam coffee journey yang ke 117, saya akan membawa anda ke Tanah Toraja dengan kopi Toraja Sapan nya yang sudah terkenal dikalangan pecinta kopi di seluruh dunia. Kopi ini kami sangrai/ roast ditingkat kematangan medium/ city+ roast (atau biasanya dikatakan stop waktu end of first crack). Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses basah. Yang menarik mengenai kopi ini adalah aroma tropical fruitnya yang lebih gampang diterima oleh semua orang termasuk para pemula di dunia perkopian. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art yang cukup tricky.

Untuk membuatnya pertama saya siapkan timbangan dan mulailah saya menimbang 20 gram dari biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelumnya agar dapat menghasilkan espresso yang optimal dan rasa yang masih tetap manis dan balanced. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma tropical fruit beserta aroma coklat karamel yang tercium cukup harum dan menonjol. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan menurut saya aliran terlihat cukup cepat dengan warna kuning keemasan. Setelah diperoleh 25ml per cup, tuas dari mesin espresso saya matikan dan karena rasa penasaran, cup 1 lagi yang juga terisi 25ml espresso saya coba dan terasa manis sekali dengan rasa akhir seperti dried plums. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya untuk sore ini sudah ready, dan rencananya mau buat tulip malah jadi rosetta, hehehe.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma tropical fruit bercampur coklat karamel kali ini tercium manis sekali dan gurih. Setelah saya minum, terasa sekali rasa coklat yang bercampur dengan aroma tropical fruit dengan susu yang menambah tekstur creamy dan diakhiri dengan rasa manis dan ada sedikit dried plum aftertaste yang terasa tertinggal didalam rongga mulut cukup lama. What a cup of cappuccino menurut saya, pas sekali untuk dinikmati diawal bulan Maret ini.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan Salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Toraja Sapan  ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini