toraja 270216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara dimanapun anda berada. Sore ini dalam coffee journey yang ke 115, saya akan mencoba membuat cappuccino menggunakan kopi arabika dari Sulawesi Toraja Sapan yang kita sangrai 15 hari yang lalu ditingkat kematangan city + atau lebih sering disebut medium. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses basah dengan bibit jember S795. Selama ini kopi ini bisa dikata cukup konsisten dan kita sudah menggunakan kopi ini sejak 2 tahun yang lalu, dan sudah banyak penikmatnya. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art yang gampang- gampang susah (terlihat gampang tapi susah kalau buat sendiri, hehehehe).

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperimen ini dibuat. Sewaktu biji kopi ini digiling tercium aroma tropical fruit dengan campuran karamel yang tercium manis- manis gurih. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes, dan terlihat cukup kental dengan warna kuning keemasan dan aromanya yang manis sekali. Setelah saya dapatkan sekitar 25 gram per cup, tuas saya matikan dan espresso untuk hari ini sudah ready dan warnanya terlihat lebih gelap dari biasanya. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, dan setelah susu ready, saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan akhirnya cappuccino saya sudah siap untuk dinikmati sore ini. As usual, latte art terlihat abstrak heheheeh.

Nah sekarang ke aroma dan citarasanya. Aroma tropical fruit bercampur karamel tercium manis sekali dan menonjol, setelah kopi saya minum terasa cukup kental terasa creamy, acidity yang ter cut dengan pas oleh susu membuat kopi terasa cukup gurih dan terasa karamel coklat yang manis dan terasa tertinggal didalam rongga mulut dalam waktu yang cukup lama. Ini definitely salah satu favorit disini dan yang menarik adalah biji ini bisa dinikmati sebagai filter, espresso maupun milk based, cukup di tweak sedikit proses pembuatan nya dan dijamin anda tidak akan kecewa.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali, happy weekend, dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Toraja Sapan  ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini