flores 250216Selamat sore para penikmat kopi. Sore ini dalam coffee journey yang ke 114, saya akan menggunakan kopi yang cukup populer di kalangan pecinta kopi di sini. Kopi yang akan saya gunakan sore ini adalah kopi arabika dari Flores Mangggarai yang di roast / sangrai ditingkat kematangan city+ atau lebih sering disebut medium. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses basah. Hasil cupping kopi ini cukup unik setelah 24 disangrai, dapat dirasakan coklat yang seperti kue brownies, dengan akhir rasa karamel dodol setelah kopi dingin dan tentunya dengan body yang kental. Sore ini kopi masih tetap akan saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art tulip yang masih membuat saya penasaran.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperimen ini dibuat. Ketika biji kopi digiling tercium aroma coklat yang dominan sekali. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 5 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan espresso yang telihat cukup kental mulai menetes dan terlihat kental sekali da setelah diperoleh 25ml per cup, tuas saya matikan dan espresso saya yang harum seperti coklat sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan dengan pressure yang sama seperti kemarin dan setelah susu terlihat creamy dan ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya sore ini sudah siap untuk dinikmati.

Untuk citarasa dan aroma, aroma hot chocolate kali ini tercium dominan sekali dan setelah kopi diminum lebih terasa seperti hot chocolate daripada kopi dengan finish yang persis seperti coklat yang manis. Menurut saya kopi ini pas sekali untuk dinikmati dihari- hari yang hujan seperti sekarang ini, sambil membaca buku/ majalah kesayangan.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik untuk mencoba kopi arabika Flores Manggarai ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini