aceh 240216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 113 ini saya akan mencoba membuat kopi menggunakan kopi arabika Aceh Gayo yang kami roast ditingkat kematangan city+/ medium 4 hari yang lalu. Hasil cupping kopi ini cukup bagus dengan rasa spices dan manis yang cukup dominan. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan merupakan mix antara proses giling basah dan wet yang kami dapatkan dari koperasi langganan kami yang terkenal untuk mensupply kopi Aceh dengan kualitas baik. Sore ini kopi akan tetap saya sajikan sebagai cappuccino, kali ini tekanan/ pressure untuk menyeduh susu di naikkan sedikit karena rekomendasi dari beberapa teman kami untuk dapat menghasilkan microfoam yang lebih bagus dan creamy.

Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini,kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperimen ini dibuat untuk dapat menghasilkan citarasa dan aroma kopi ini yang optimal. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma spices seperti kayumanis dan pala yang cukup strong dengan sedikit aroma sugar browning yang membuat aroma lebih manis dan gurih. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan espresso mulai menetes dengan warna kekuningan dan terlihat alirannya cukup kencang dari biasanya, tapi ini yang kami cari sebenarnya dari kopi ini. Setelah diperoleh 25 gram, tuas mesin espresso saya matikan dan espresso sudah ready untuk sore ini. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan. Peningkatan tekanan di boiler untuk steam susu lumayan terasa dan susu terlihat dan terasa lebih berat dan creamy kali ini dan sesudah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang berisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya sudah ready untuk sore ini.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma spices tercium cukup manis dengan aroma karamel susu yang manis sekali. Sewaktu kopi di minum, terasa cukup creamy karena susu yang lebih pas sekarang, dan menarik sekali cup terasa lebih manis dengan sensasi rasa coklat dan karamel yang tercampur dengan sempurna. Satu hal yang saya pelajari selama ini, dalam membuat kopi terdapat berbagai macam variable seperti boiler pressure, tamping pressure, tingkat kehalusan, temperature air, dan lain sebagainya, diusahakan untuk hanya mengganti 1 variable saja setiap kali melakukan perubahan sehingga dapat diketahui improvement apa yang dapat dilakukan, kalau mengganti lebih dari satu dapat dipastikan anda akan kesulitan untuk mengulangi itu kembali.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Aceh Gayo ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bean bubuk maupun biji dapat dibeli disini