bali 230216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara dimanapun anda berada. Sore ini dalam coffee journey yang ke 112, saya akan menggunakan kopi arabika Bali Kintamani yang beberapa kali roasting ini membuat saya penasaran karena ada beberapa kali ketika dicampur susu sebagai capuccino/ latte terasa rasa jeruk manis diakhir. Anyway, kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan di proses basah. Untuk sangrai kopi arabika Bali Kintamani ini, roasting selesai 30 detik lebih awal dari profile roasting biasanya, dan hasil cupping so far lebih memuaskan dari yang sebelumnya. Kenapa dibuat cappuccino, karena latte art yang terlihat cukup mudah ternyata tidak semudah itu, butuh pengetahuan akan pouring susunya.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperiment ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma coklat yang manis dan aroma tercium agak lama. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan terlihat cukup kental dengan warna kuning keemasan yang terlihat cukup gurih. Setelah diperoleh 25 gram, tuas saya matikan dan espresso saya sudah ready untuk sore ini. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, hari ini temperature didalam boiler kita naikkan sedikit untuk dapat membuat susu yang lebih manis dan creamy. Setelah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya sudah ready sore ini.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma coklat kali ini tercium manis sekali, dan setelah kopi saya minum, tercium dan terasa aroma rasa coklat yang manis sekali serasa seperti menempel didalam rongga mulut dan akhirnya diakhiri dengan rasa jeruk seperti habis makan coklat dengan filling jeruk yang beredar di swalayan- swalayan. Profile roasting ini akan kami test untuk beberapa hari kedepan sebelum kita launch ke customer.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda, dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Bali Kintamani ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini