bone 190216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara dimanapun anda berada. Sore ini dalam coffee journey yang ke 110, saya akan menggunakan kopi arabika dari Kalosi Bone Bone, Enrekang. Kopi yang cukup menarik dikarenakan profile roast nya butuh di tweak sedemikian rupa sehingga citarasa dan aroma aslinya bisa menonjol. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin diproses basah dan menggunakan bibit mix Lini S sama Typica. Pada umumnya sebelum kita launch suatu kopi baru, biasanya kita cup beberapa kali menggunakan roast profile standard kami, baru kemudian di tweak dan di cup beberapa kali lagi sebelum kita bisa confidently launch kopi dari origin baru. Suatu proses yang panjang tapi menarik untuk dijalani. Anyway, sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art yang makin hari membuat saya makin penasaran terutama tulip heheh.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini dibuat. Sewaktu biji kopi Bone Bone ini digiling, tercium aroma spicy yang menonjol dengan dengan diakhiri dengan aroma sugar browning yang manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso yang berwarna kekuningan mulai menetes dan terlihat cukup kental. Setelah diperoleh 25gram, tuas mesin espresso saya matikan dan espresso untuk cappuccino sore ini sudah ready.Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya untuk sore ini sudah ready.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma coklat kini tercium manis dengan tambahan aroma spicy yang mulai berkurang mengingatkan saya akan Aceh Gayo yang dulu pernah kita roast juga. Setelah kopi diminum, terasa body yang creamy, terasa sekali dipush sama susu yang di stretch pas, dengan rasa coklat yang manis diakhiri dengan hint ofi rasa mangga bercampur dengan spicy yang pas dan manis dengan rasa sewaktu dicupping. Kopi yang menarik menurut saya, dicoba buat V60 juga terasa cukup konsistent dengan acidity, body dan aroma yang balance.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Kopi arabika Kalosi Bone Bone ini untuk saat ini hanya tersedia di penjualan offline (whatsapp, email & BBM) dan tentunya sample dapat dinikmati di roastery kami juga.