Kopi Arabika Lintong 11 hari post roast 18 feb 14 yang disajikan sebagai cappucino dalam coffee journey hari ini

Kopi Arabika Lintong 11 hari post roast 18 feb 14 yang disajikan sebagai cappucino dalam coffee journey hari ini

Kota Malang diguyur hujan lagi hari ini dan udara menjadi cukup sejuk, untuk menemani coffee break saya hari ini saya ingin mencoba membuat cappucino menggunakan Kopi Arabika/ Arabica Lintong yang di roast sekitar 11 hari yang lalu ( di roast fresh tanggal 7 Feb 14,  roast level light). Kopi ini diproses giling basah dan hasil dari panen tahun 2013 yang lalu.

Seperti biasanya, saya timbang 14 gram kopi arabika Lintong, dan saya masukkan kedalam grinder yang sudah di set tingkat kehalusannya sebelumnya. Selanjutnya proses grind- dose- tamp dan brew. Untuk dry aromanya tercium aroma spices yang sweet. Selanjutnya tuas dari mesin espresso saya tarik dan tak lama kemudian cairan kopi yang kental seperti madu mulai keluar dari portafilternya. Setelah terkumpul sekitar 30 ml dalam kurang lebih 30 detik, tuas saya turunkan, dan susu mulai di stretch dan dipanaskan. Espressonya sendiri ada sedikit hint of aroma caramel didalamnya. Selanjutnya susu saya campurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya.

Aroma dari cappucino ini masih tetap tercium aroma spices dengan sedikit karamel. Setelah kopi saya minum, dari segi acidity nya cukup low bahkan hampir tidak ada (sepertinya susunya kebanyakan juga ;)), body atau kekentalan yang medium, clean mouthfeel dan disusul dengan aftertaste yang manis. Mungkin kopi ini kalau mau dijadikan milk based drinks lebih cocok kalau dibuat sebagai picollo latte atau mungkin ke arah machiato. Tapi sebagai single origin kopi ini masih outstanding dan cocok juga untuk dijadikan base untuk blend yang lebih kompleks menurut saya.

Anyway selamat menikmati hari Senin anda dan salam Amstirdam

Apabila tertarik mencoba Kopi Arabika Lintong dapat dibeli disini