bali 180216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara dimanapun anda berada. Sore ini dalam coffee journey yang ke 109 saya akan mencoba menyeduh kopi menggunakan kopi dari pulau Dewata yang sudah cukup terkenal yaitu Kopi Arabika Bali Kintamani. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses basah. Tingkat kematangan yang kami pilih untuk roastingan kopi ini adalah city++, sudah hampir menyentuh second crack karena diutamakan untuk penyajian espresso based drinks. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini untuk dapat menghasilkan rasa dan aroma yang paling optimal. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma seperti kismis yang kalah intensitas nya dengan aroma coklat yang manis. Selanjutnya proses dose-tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan espresso yang berwarna coklat keemasan dan terlihat cukup kental dan creamy mulai menetes dan setelah diperoleh 25ml, tuas mesin espresso saya matikan dan espresso sebagai bahan dasar untuk cappuccino sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya campurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya untuk sore ini sudah siap untuk dinikmati.

Nah sekarang adalah tahap terpenting, hhehe , yaitu aroma dan citarasa. Aroma coklat yang manis tercium enak sekali. Setelah kopi diminum, terasa kental yang pas seperti hot chocolate dengan rasa coklat yang bertahan sampai akhir. Kopi ini mengingatkan saya akan salah satu varian produsen coklat internasional yang fruit & nut, ada sensasi fruity sedikit yang pas. Kopi yang menurut saya pas sekali untuk dinikmati di sore- sore yang sedang hujan ini.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Bali Kintamani ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini